Ads 468x60px

12 Jul 2013

SISTEM PEMANTAUAN DAN PENILAIAN MANEJEMEN

1.SISTEM INFORMASI, PEMANTAUAN, PENILAIAN  SERTA PENGAWASAN MANAJEMEN
Ukuran keberhasilan sebuah sistem manajemen pengetahuan dapat ditentukan berdasarkan: penghitungan ukuran finansial, Menyusun balance Scorecard (BSC), menilai aset pengetahuan, mengukur kematangan upaya manajemen pengetahuan, atau Survei pendapat karyawan tentang MP.
BSC merupakan pendekatan pengukuran kinerja organisasi yang menitikberatkan pada keterkaitanm antara misi dan strategi organisasi  dengan ukuran-ukuran tertentu ( hasil finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan) . Dengan BSC, memungkinkan organisasi untuk mengklarifikasi visi dan strategi dan menerjemahkannya ke dalam tindakan. Selain itu mampu menyediakan umpan balik, pada kedua proses bisnis internal dan eksternal, untuk terus meningkatkan kinerja strategis dan hasil. Ketika sepenuhnya dikerahkan, BSC mampu mengubah perencanaan strategis dari sebuah kertas kerja menjadi pusat  penentu dari suatu organisasi.
Selain itu (tentunya) dapat dinilai dari ukuran Return On Investment (ROI), meskipun perlu trik-trik tertentu untuk menghitung aset intelektual, antara lain dengan 4 metode yang lazim diterapkan  yaitu Direct intellectual capital method, Market capitalization method, Return on assets method, Scorecard method.


DEFINISI MANAJEMEN.
GEORGE R. TERRY
Manajemen merupakan sebuah proses yang khas yang terjadi dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM serta sumber-sumber lain.
JAMES S STONER
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
ERNEST DALE
Management is Getting Things Done Through Other People.Management is Decision Making.
MARY PARKER FOLLET
Management adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.
ILMU MANAJEMEN:
Suatu kumpulan pengetahuan yang diistimatisasikan yang dikumpulkan dan diterima sehubungan dengan pengertian tentang kebenaran-kebenaran universal mengenai manajemen
Unsur-unsur Manajemen ( H. FAYOL )
Sebagai fungsi-fungsinya :
v  Planning(perencanaa)
v  Organizing(pengorganisasian)
v  Actuating()
v  Controlling(pengawasan)
TUJUAN MANAJER
v  Bekerja untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
v  Mempunyai nilai sebagai pedoman untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen
Kalau prinsip dan  teknik manajemen dapat dikembangkan, dibuktikan dan diterapkan, efisiensi manajerial pasti akan menjadi lebih baik.
Kurangnya pengertian tentang ; Konsep, prinsip, teknik
Manajemen akan menyulitkan penganalisisan pekerjaan manajerial dan pelatihan para manajer.

Manajemen sebagai :
A.      Ilmu (science), harus memiliki kerangka dasar keilmuan yang kokoh kuat:Badan pengetahuan secara sistematis diciptakan melalui metode ilmiah : Mengobservasi kejadian, menjelaskan dan memformulasi peristiwa, mengemukakan pernyataan berdasarkan penjelasan untuk meramalkan apa yang akan terjadi dan membuktikan ramalan berdasarkan penelitian yang sistematis dan terkendali.
B.      Seni. Manajemen dipraktikan berdasarkan keterampilan yang diterapkan untuk mencapai sesuatu hasil yang diinginkan.
C.      Profesi. Mencakup keanggotaan dari mereka yang memiliki pengetahuan khusus, diakui dan diatur oleh kode etik.

0 Perbincangan:

Posting Komentar

- Sebelum berkomentar diharapkan untuk di like dulu yahh
- Berkomentarlah yang sopan
- TERIMA KASIH ATAS MASUKAN YANG DIBERIKAN